Hai Otowipers!
Setelah postingkan yang lalu kita membahas tentang "nyeperin" mobil.
Nah! sekarang kita akan membahas tentang nyeperin mobil itu sendiri.
Seperti yang kita ketahui,
salah satu cara untuk nyeperin mobil adalah menurunkan atau memendekkan suspensi.
Cara untuk memendekkan suspensi itu sendiri, ada beberapa cara.
Kamu bisa mengganti atau memotong suspensi mobilmu.
1. Memotong per dan shock breaker.
Cara ini adalah cara termurah, mengapa?
Karena kamu hanya membutuhkan sepasang per atau shock breaker, entah itu ori atau menggunakan per mobil lain yang cocok dudukannya dengan mobilmu.
Hanya berbekal itu, tinggal bawa aja ke bengkel suspensi mobil, kamu tinggal bilang untuk memotong per untuk nyeperin mobil.
Nanti kamu akan ditanya,"seberapa pendek yang kamu inginkan?".
Nanti kamu bicarakan dan konsultasi dengan montirnya.
Untuk pengerjaan potong per ini biasanya akan memakan waktu 30 menit sampai 2 jam (tergantung seberapa banyak yang akan dipotong).
Dan ongkos untuk memotong per ini akan memakan biaya sekitar, 50 ribu - 150 ribu (untuk 4 per, tergantung di bengkel mana yang kamu pilih).
Kekurangan dari cara ini adalah biasanya kamu akan disuruh untuk mengganti stopper yang lebih panjang, mengapa?.
Karena jika tidak ban mobilmu akan berbenturan dengan fender, dan dikhawatirkan jika hal itu terjadi akan membuat ban mobilmu sobek.
Dan biasanya jika kamu memilih cara ini mobilmu akan terasa keras.
Bisa keras biasa, keras banget, bahkan bisa keras luar biasa pake banget. Hahahahaha :D
2. Menggunakan Coilover.
Cara ini bisa dibilang lebih mahal dari potong per, tapi lebih murah jauh dari air suspension, namun memiliki hasil yang maksimal.
Jadi bisa dibilang, kalau untuk saya ini paling cocok.
Mengapa? Karena bisa memendekkin mobil atau meninggikan mobil dengan praktis, tanpa merogoh kocek lebih dalam.
Bahkan jika kamu mencari dengan lebih teliti, kamu akan menemukan coilover yang bisa diatur keempukkan dan kekerasan suspensinya.
Untuk 2 pasang coilover (depan dan belakang). Biasanya akan memakan biaya sekitar 1 juta - 7 juta (tergantung mobilnya apa, dan jenis coilover seperti apa).
Ada beberapa jenis coilover :
Ada basic coilover, yaitu coilover yang hanya bisa memendekkan atau meninggikan.
Ada infinity coilover (saya menyebutnya seperti itu.. wkwkwk) , yaitu coilover yang bisa memendekkan atau meninggikan dan juga bisa mengatur keempukkan dan kekerasan bantingan suspensi nya.
Ada advance coilover, yaitu coilover yang bisa semua ada diatas dan juga ada "kit" yang disediakan untuk camber.
3. Menggunakan Air Suspension.
Cara ini adalah cara paling praktis tetapi harus merogoh kantong lebih dalam.
Ya, ini adalah Air Suspension.
Yaitu cara memendekkan dan meninggikan mobil dengan memanfaatkan udara yang disalurkan ke "balon" suspensi nya.
Dalam waktu singkat mobilmu bisa pendek, atau tinggi tanpa mendongkrak ataupun melepas velg nya terlebih dahulu.
Apalagi sekarang ada air suspension yang cara mengaturnya melalui aplikasi di smartphone.
Sungguh praktis bukan?
Namun cara ini akan memakan biaya yang cukup banyak.
Untuk memakai air suspensi ini kamu harus merogoh sekitar 20 juta - 40 juta (tergantung jenis air suspension yang seperti apa).
Untuk cara ini ada beberapa kekurangannya.
Untuk jangka waktu tertentu balon ini bisa saja bocor dan kamu harus menggantinya, dan harganya juga cukup mahal.
Bantingan dari Air Suspension ini (menurut saya) tergolong keras.
Mengapa? Yaa tahu sendiri jika udara dimasukkan ke ban saja bisa berasa keras, ini dimasukkan ke suspensi. Hehehehe. :D
So, Bagaimana Otowipers?
Sudah tahu ingin menggunakan suspensi yang seperti apa?
Semoga modifikasimu makin keren ya :D
0 komentar